Cara, Tips, dan Triks yang ditulis pada website ini sebagian besar sudah dicoba oleh penulis. Setiap artikel ditulis dengan singkat dan padat dengan menambahkan gambar praktiknya agar pembaca mudah untuk memahami. Selamat mencoba !
Selasa, 04 November 2014

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang diluar perkiraanku sehingga menyita waktuku. Saat akan pakai smartphone Asus Zenfone 5 baru-ku, dimana sebelumnya aku beli simcard Telkomsel. Nah pas simcard/kartu telepon aku masukan ke perangkat smartphone Asus Zenfone 5 dan aku coba untuk melakukan panggilan ke HP (handphone) saya yang lainnya terjadi kegagalan (tidak bisa) dan aku dapati pesan "Panggilan Keluar Dibatasi oleh FDN".

Maksud dari pesan tersebut (Panggilan Keluar Dibatasi oleh FDN) adalah saya tidak bisa melakukan panggilan selain ke nomor-nomor FDN (nomor telepon milik operator yang terdaftar di dalam telepon/kartu/simcard bawaan). Nomor-nomor FDN pada umumnya adalah nomor-nomor layanan yang disediakan oleh operator seperti nomor untuk menghubungi customer care operator, nomor darurat, nomor untuk meminta nomor PUK, nomor untuk mengetahui sisa pulsa, dan nomor-nomor layanan lainnya.

Jika handphone/smartphone mengalami pesan "Panggilan Keluar Dibatasi oleh FDN", berdasarkan pengalaman, saya tidak dapat menyimpan nomor kontak. HP/Smartphone masih bisa dihubungi namun tidak bisa menelepon keluar dan juga tidak bisa menyimpan nomor logs sehabis telepon/miscall ke dalam simcard.

Lalu apa penyebab mendapatkan pesan "Panggilan Keluar Dibatasi oleh FDN" ?

Ternyata penyebabnya adalah kartu simcard/kartu telepon belum didaftarkan ke registrasi 4444 (untuk Telkomsel). Simple sih, tapi saya menghabiskan banyak waktu karena mendaftar/registrasi ke 4444 via Smartphone Asus Zenfone 5 yang baru selalu gagal, ya karena dibatasi untuk pangggilan keluar tersebut. Aku coba disable FDN selalu gagal, bahkan dimintai PIN segala, cilakanya PIN standar/pertama kali (1234) tidak bisa digunakan. Bahkan sempat diminta merubah PIN. Berkali-kali kucoba hingga harus memasukan nomor PUK segala. Cilaka kedua saat menghubungi layanan operator Telkomsel bahwa nomor saya tidak diketahui nomor PUK-nya.


Setelah sekian lama akhirnya ketemu solusinya yaitu lepas kembali simcard/kartu telepon dari Smartphone Asus Zenfone 5 milikku yang baru tersebut. Setelah itu simcard/kartu telepon tersebut aku masukan ke HP GSM jadul, dan selanjutnya aku daftar/registrasi ke 4444. Bingo ! Berhasil ! Sukses !

Asus Zenfone 5
Asus Zenfone 5

Dan keberhasilan berlanjut saat kartu telepon/simcard aku masukan ke Asus Zenfone 5 baruku. Alhamdulillah, akhirnya bisa menikmati kecanggihan Asus Zenfone 5 tanpa pesan "Panggilan Keluar Dibatasi oleh FDN" lagi !

4 komentar:

  1. ane mau tanya dong gan hp asus zenpon 5 ane klo terima tlp atau panggilan keluar hp langsung mati pada layar .tidak bisa ke menu atau mau di loadspeker dan sebagainya . semenjak hp ane up. tolong jawaban nya ya gan. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan ahli hp atau teknisi hp, cuma saya pernah kuliah di teknik telekomunikasi. Ini sekedar analisa saya ada beberapa kemungkinan bisa salah satu atau semua kemungkinan berikut ini: 1) mungkin hp anda terkena virus 2) mungkin hp anda konslet terkena air kali jadi saat ada sinya telepon masuk langsung konslet 3) hardware hp anda memang rusak dan sudah waktunya ganti :D

      Hapus