Cara, Tips, dan Triks yang ditulis pada website ini sebagian besar sudah dicoba oleh penulis. Setiap artikel ditulis dengan singkat dan padat dengan menambahkan gambar praktiknya agar pembaca mudah untuk memahami. Selamat mencoba !
Minggu, 10 Agustus 2014

Dari beberapa kali melakukan koneksi internet dengan modem, saya berkesimpulan bahwa menggunakan software bawaan modem kurang optimal untuk mempercepat koneksi internet (dengan modem). Kenapa bisa begitu ? sekedar menganalisa bahwa bisa jadi software bawaan memabatasi kecepatan modem kita dan bisa jadi ulah operator yang merandom kecepatan internet. Dengan menggunakan software bawaan modem saya sering mendapatkan hasil tidak memusaskan :

Cuma dapat 236,8 Kbps bro !!!

Terus caranya gimana ? konekkan langsung via Control Panel Network


Klik kanan pilih Connect pada koneksi modem.

Jika sudah klik kiri 2 dan pastikan mendapatkan hasil sebagai berikut:

Gimana mantab kan 7,2Mbps.
Jika tidak dapat sebesar 7,2Mbps gimana ? Diskonek dan Connect ulang sampai dapat 7,2 Mbps. Dari pengalaman saya 2 sampai 3 kali baru dapat 7,2Mbps. Ini mungkin karena setiap kita konek maka kecepatan yang kita dapatkan akan diberikan secara random oleh operator. Jika kita tidak mengechek maka tentu kita sering mendapatkan 236,8 Kbps (DIJAMIN LEMOT aka LELET )

Dan akan lebih menarik lagi jika sebelum konek kita maksimalkan dulu kemampuan modem kita.


Klik Kanan pada koneksi modem, pilih Properties.


Pilih atau klik Configure.


Rata-rata secara default dapat 460800. Biar lebih cepat maka pilih yang paling besar, dalam contoh ini 921600.

Mas, punya saya sudah saya setting seperti saran mas tapi kok internet kok tetap lemot ya ?

He he he ...
Perlu disadari banyak penyebab oneksi internet lemot. Makanya dalam artikel ini saya kasih judul Internet: Mengoptimalkan Kecepatan Modem, dan bukan mempercepat koneksi internet karena memang beda. Koneksi internet bisa disebabkan beberapa hal :
  1. Sinyal operator : ini paling utama, walaupun komputer/laptop dan modem anda paling canggih tapi sinyalnya MEMBLE ya jangan harap dapat internet kenceng. MIMPI LOE
  2. Performa Komputer/Laptop. Ini dipengaruhi oleh kemampuan dan kondisi HARDWARE komputer/laptop dan juga oleh kegiatan SOFTWARE. SOFTWARE disini misalnya seperti terlalu banyak software yang diinstall sehingga memakan resource komputer/laptop akibatnya performa komputer/laptop ikut-ikutan LEMOT karena tidak kebagian resource demikian juga berimbas pada koneksi internet.
  3. VIRUS: sudah jelas. Pada dasarnya virus juga termasuk SOFTWARE yang dapat menghabiskan resource.
  4. Kemampuan fisik modem. Jika modem anda didesain hanya mampu melakukan koneksi sebesar 236,8Kps ya jangan mimpi dapat kecepatan lebih dari itu !
  5. Performa Browser
  6. Paket internet yang anda pakai/beli. Jika anda beli semisal sehari maksimal kuota 1GB. jika anda memakai lebih dari 1GB akan mendapat kecepatan reguler dan hari itu nda sudah lebih menggunakan dari 1GB ya jangan harap anda dapat kecepatan lebih


Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe