Cara, Tips, dan Triks yang ditulis pada website ini sebagian besar sudah dicoba oleh penulis. Setiap artikel ditulis dengan singkat dan padat dengan menambahkan gambar praktiknya agar pembaca mudah untuk memahami. Selamat mencoba !
Kamis, 22 Januari 2015

Sekedar sharing pengalaman saat upgrade Drupal. Errornya kurang lebih 500 Internal Server Error.
Kalau errrornya Internal Server Error dan kodenya 500 berarti adal masalah di servernya, dan dalam kesempatan ini adalah karena masalah setting .htaccess yang tidak kompatibel dengan server.

Maksudnya begini: .htaccess merupakan file untuk menyetting atau menkonfigurasi suatu hal semacam modul atau library yang dibutuhkan, namun syaratnya modul atau librarynya harus didukung atau diinstall atau dengan kata lain sudah disupport oleh server. Nah, tatkala melakukan setting .htaccess namun ternyata tidak disupport oleh kemampuan server maka akibatnya errror seperti "Internal Server Error" saat saya upgrade Drupal ini.

Nah solusinya ya ada 2, tinggal pilih salah satu saja:
  1. Menginstall atau menambahkan library/modul server, atau bisa jadi kita tinggal mengkonfigurasi atau tinggal mengaktifkan (meng-enable) hal-hal yang berkaitan sehingga server mendukung konfigurasi .htaccess
  2. Mengubah atau mengedit konfigurasi .htaccess dengan melakukan comment (#) pada konfigurasi yang tidak didukung oleh server.

Dalam hal ini saya memilih solusi ke-2 karena saya tidak memiliki akses ke server mengingat saya hanya hosting di suatu provider hosting. Saya melakukan comment (#) 2 hal ini :

Sebelum :
# Don't show directory listings for URLs which map to a directory.
Options -Indexes
# Follow symbolic links in this directory.
Options +FollowSymLinks
Menjadi :
# Don't show directory listings for URLs which map to a directory.
#Options -Indexes
# Follow symbolic links in this directory.
#Options +FollowSymLinks

Dan akhirnya Alhamdulillah !

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe