Cara, Tips, dan Triks yang ditulis pada website ini sebagian besar sudah dicoba oleh penulis. Setiap artikel ditulis dengan singkat dan padat dengan menambahkan gambar praktiknya agar pembaca mudah untuk memahami. Selamat mencoba !
Selasa, 02 Mei 2017

Mungkin laptop/notebook anda tiba-tiba hank atau restart sendiri saat anda membuka aplikasi yang berat (memerlukan RAM yang besar). Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan laptop/notebook anda tiba-tiba hank atau restart sendiri, salah satu kemungkinan adalah RAM/Memori laptop/notebook anda telah rusah entah itu ringan atau berat. Namun yang namanya rusak (hardware) mau tidak mau anda harus menggantinya. Masalahnya harga RAM/memori laptop lumayan mahal, untuk kapasitas 2GB saja anda harus merogoh kocek 250.000 keatas (tergantung merek yang anda pilih).

Nah, agar tidak salah maka yang lebih bijak adalah melakukan Check RAM/Memori laptop/notebook rusak atau tidak ?

Caranya bagaimana ?

Cukup mudah sekali, yaitu dengan menggunakan software Memtest86+. Silakan download filenya di sini ( Download - Auto-installer for USB Key (Win 9x/2k/xp/7) ) .

Siapkan USB Flasdisk kosong.

Kemudian ekstrak file memtest86+-5.01.usb.installer.zip

Jalankan installer, dan arahkan ke USB Flasdisk.

Setelah itu, masuk ke bios dan arahkan prioritas booting ke USB Flasdisk.
Setelah itu restart laptop/notebook anda, jika langkah anda benar maka software akan meakukan checking RAM/memori.

Jika dalam waktu lama (lebih dari 20 menit) tidak terjadi apa-apa maka kemungkinan RAM/Memori anda masih normal, namun untuk memastikan silakan tunggu sampai selesai dan lihatlah report hasil proses checking tersebut.

Jika normal, kabar baiknya berarti anda tidak perlu mengganti RAM/memori, namun kabar buruknya kemungkinan laptop/notebook anda ada kerusakan lainnya, mungkin kipas kotor, hardisk bad sector, motherboard rusak, atau mungkin kerusakan lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe